Sabtu, 06 Oktober 2007

Peluncuran dan Road Show Buku Love and Shock

Writer : Hartati Nurwijaya
Publisher : CV. Restu Agung
Price : Rp. 50,000.-
Pages : 211 full color
isbn : 09790070454






Sinopsis buku “LOve and ShOck!”




Perkawinan antarbangsa; LOve and ShOck, buku ini memberikan informasi dan tuntunan seputar masalah perkawinan antarbangsa atau yang biasa disebut perkawinan campur. Buku tentang panduan mencari pasangan hidup, dan membahas masalah kelebihan dan kekurangan perkawinan dengan orang asing ini diberi kata pengantar oleh Jajang C Noer.




Punya suami orang asing? Pasti banyak yang nggak ngebayangin bagaimana rasanya punya suami orang asing. Apalagi yang namanya orang asing itu kan beda bangsa. Kalau soal beda bahasa, sih, bisa diselesaikan dengan belajar. Namun, perkawinan dengan orang asing memiliki banyak perbedaan dari sekadar bahasa, seperti perbedaan cara pandang, kebiasaan, dan tentunya budaya.



Selanjutnya dalam buku ini mengetengahkan apa yang disebut “culture shock” atau kejutan budaya akibat tinggal menetap di negara asing mengikuti pasangan, ditinjau dari sudut pandang teori Sosiologi, Antropologi dan Psikologi. Termasuk di dalamnya mengurai penyebab cultural shock dan bagaimana gejala kejutan budaya serta cara mengatasinya.




Pada bagian lain menceritakan kisah-kisah suka duka 6 orang wanita dengan latar belakang pendidikan Sarjana dan sebelum menikah mereka mempunyai pekerjaan dan karir yang baik. Kisah nyata mengenai hidup di negara beda budaya, sikap resistensi para wanita Indonesia di negeri asal suami, dan perubahan peran dari wanita bekerja di kantoran menjadi ibu rumah tangga. Bagaimana mengatasi kejutan budaya dan hal–hal baru yang ditemukan ketika pertama kali datang dan menetap di negara suami , serta bertemu dengan orang tua dan keluarga suami.



Bagian terakhir buku memberikan informasi mengenai nilai-nilai etika dan budaya di Eropa seperti Yunani, Italia, Swiss, Belanda, Swedia dan Rusia.


Synopsis for “Cross-Cultural Marriage; Love and Shock!”


“Cross-Cultural Marriage; Love and Shock!” This book provides useful information and guidance on issues concerning cross-cultural marriages or more popularly referred to as ‘mix marriages’. The book, which offers advice on finding a foreign spouse and outlines issues on the advantages and disadvantages of marrying a foreign spouse, features an opening address by Jajang C. Noer (Actrees and Film Director).

Many of us can’t even imagine what it feels like to have a foreign spouse. Especially since different nationalities usually also mean different cultures. The language barrier can be quite easily overcome by study or practice, however being married to a foreign spouse brings with it a lot more than just the language barriers but also different perspectives to life, customs and habits, as well as cultural differences.

“LOve and ShOck!” presents valuable information and advice on inter-national (mix) marriages issues as well as their strengths and weaknesses.


Further on in the book there is also an inquiry on the ‘cultural shocks’ experienced by those relocating to the spouse’s home country. These issues are discussed from the perspectives of Sociological, Anthropological and Psychological theories. It also features a section on the cause of cultural shocks, how to detect the symptoms, as well as how to cope with it.


Story about sadness and happiness of 6 Indonesian women, each of whom had different educational background prior to marriage and had a good job and career. The real-life story about living in a country with different culture, the resistance of Indonesian women in the husband's country of origin, and the change of role from a career woman to a housewife. How to cope with culture shock and newfound things when first arrived and stayed in the husband's country of origin, as well as meeting with the husband's parents and family.

In last chapter providing information about custom and etiquette some countries in Europe, such as Greece, Italy, Switzerland, Nederland, Sweden and Russia.




Sambutan oleh Amaliya Lerrigo
Ketua Srikandi
.


Assalam mualaikum Warrohmatullahi wabarokatuh



Saya pribadi sebagai Ketua Perkumpulan SRIKANDI yaitu suatu Organisasi wanita Indonesia dalam pernikahan Multi Nasional. Yang mana tujuannya selain bersilaturahmi dan saling menukar informasi dan meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan.



Bukan berita baru bahwa dunia terlihat semakin kecil dengan adanya technology yang semakin canggih serta mobilitas penduduk semakin tinggi sebagai dampak dari globalisasi. Tidak mengherankan juga jika beberapa tahun terakhir ini pernikahan Multi Nasional semakin banyak .


Apalagi sekarang sudah ada undang-undang baru tentang kewarganegaraan. Karena itu bagi yang akan menjalan perkawinan Antar Bangsa terlebih dahulu mengerti tentang hukum perkawinan yang berlaku di Indonesia.
Sebelum melangkah kejenjang perkawinan kita harus mempersiapkan diri secara matang , banyak wanita Indonesia menganggap bahwa permasalahan yang akan mereka hadapi untuk melangsungkan pernikahan ini dengan pria asing hanyalah seputar perbedaan bahasa,budaya, gaya hidup dan pola pikir saja.


Kepada para pembaca buku Love & Shock , saya secara pribadi ingin angkat topi untuk Sdri Hartati dan para kontributor yang telah menyusun buku ini yang isinya memang betul-betul apa yang dialaminya beserta teman2 mix couple , karena isi buku ini selain untuk para wanita Indonesia yang bersuamikan WNA juga penting sekali untuk dibaca atau diketahui bagi gadis Indonesia yang ingin atau berencana menikah dengan pria warga Negara asing.


Sekali lagi saya ucapkan SELAMAT dan Success untuk Penulis.
Terima kasih.


Amaliya Lerrigo



Event Name
Launching Book`s “LOve and ShOck!
Tema
Perkawinan Antarbangsa ( Cross-Cultural Marriage )
Key Note Speaker
Amaliya Lerrigo (http://www.srikandi.org/)
Rosihan Anwar
LBH Apik
Ries Woodhouse

Venue, Date, & Time
Event tersebut akan di gelar secara Roadshow/Roadlaunching dengan mengambil tempat :

Jakarta
1. Place : Blitz Megaplex ( TBC )
Date : Sunday, 28 October 2007
Time : 14.00 – 18.00
2. Place : Universitas Atmajaya/BINUS
Date : Tuesday, 30 October 2007
Time : 11.00 – 13.00
3. Place : Universitas Indonesia
Date : Wednesday, 31 October 2007
Time : 11.00 – 13.00
4. Place : Universitas Trisakti
Date : Thursday, 1 November 2007
Time : 11.00 – 13.00

Bandung
Bandung Place : Albene
Date : Friday, 2 November 2007
Time : 19.00 – 22.00
Host : Ries Woodhouse

Padang
Padang Place : Universitas Andalas
Date : Tuesday, 6 November 2007
Time : 10.00 –12.00
Host : Ries Woodhouse

Medan
Medan Place : Bakoel Ubud, Sun Plaza
Date : Wednesday, 7 November 2007
Time : 14.00 – 16.00

Palembang
1. Place : Universitas Sriwijaya
Date : Thursday, 8 November 2007
Time : 11.00 – 13.00
2. Place : Palembang Indah Mall
Date : Friday, 9 November 2007
Time : 15.00 – 17.00

Semarang
Semarang Place : Universitas Diponegoro
Date : Monday, 12 November 2007 Time : 11.00 – 13.00

Surabaya
Surabaya Place : Gunung Agung
Date : Wednesday, 14 November 2007 Time : 14.00 – 16.00

Bali
Bali Place : Galeria Mall
Date : Saturday, 17 November 2007 Time : 15.00 – 18.00

JADWAL INTERVIEW RADIO

Jakarta
Sunday,28 October 2007 Time : 09.00 - 10.00
Women Radio

Bandung
Friday,2 November 2007 Time : 14.00 - 15.00
SKY FM

Medan
Wednesday,7 November 2007 Time : 9.00 - 10.00
LaFemme

Palembang
Thursday,8 November 2007 Time 19.00 - 20.00
Real Radio

Semarang
Saturday,10 November 2007 Time : 15.00 - 16.00
Prambors

Solo
Sunday,11 November 2007 Time : 15.00 - 16.00
SoloRadio

Surabaya
Wednesday,14 November 2007 Time : 15.00 - 16.00
Prambors

Bali
- Friday,16 November 2007 Time : 10.00 - 11.00
Hardrock FM
- Saturday,17 November 2007 Time : 16.00 - 17.00
Cassanova
- Sunday,18 November 2007 Time : 10.00 - 11.00
OZ FM
- Sunday,18 November 2007 Time : 13.00 - 14.00
Kuta FM

“BUKU ANDA LUGU, TERUS TERANG ,BERANI MENGUNGKAP;OLEH KARENA ITU, BAGUS.SUATU KEBERANIAN MENULIS BUKU SEPERTI ITU.BRAVO !!!”
~Ibrahim Isa Alias Ibrahim Bramijn di Leiden , penulis buku Suara Seorang Eksil.

Hanya ada dua alasan paling kokoh untuk membuat kita menyimak buku yang kita baca. Pertama, kalau buku itu ditulis berdasarkan suatu studi atau pengamatan yang bagus. Kedua, kalau buku itu ditulis berdasarkan pengalaman yang nyata. Nah, buku ini memberikan alasan yang demikian. Bacalah!
~ Andrias Harefa, Penulis 28 Buku Laris // Pendiri Sekolah-sekolah Tanpa Dinding.

Buku ini bisa menjadi panduan bagi pasangan yang berbeda budaya, khususnya budaya Eropa dan Indonesia. Banyak aspek mungkin tidak terlihat pada saat relationship masih pada tataran penjajakan bahkan bila masih pada fase fall in love. Semua tampak mudah. Yakin bahwa segalanya dapat teratasi. Namun, saat hubungan sudah mencapai tahapan membina rumah tangga, hal hal yang hidden akan bermunculan, friksi-friksi mulai mencuat, lebih lebih dalam pengasuhan anak dan tanggungjawab rumahtangga. Karena itu, bagi pasangan beda bangsa, buka ini jangan dilewatkan sebagai referensi karena ditulis atas dasar self-experience yang diperkaya oleh masukan-masukan banyak pihak.
~Irvan Wirayudha, SPI dan Ketua Serikat Pekerja Mathilda di Balikpapan, juga salah seorang cucu Proklamator RI Bung Hatta.

Setelah saya baca, buku ini memberikan insight mendalam dari segi kultural, psikologis, bahkan semi ilmiah tentang hidup sebagai pasangan dari seorang pria asing. Buku ini merupakan salah satu buku yang paling unik dan bertopik cukup langka yang pernah saya baca.
~Jennie S. Bev, penulis, pengusaha, pengajar, dan motivator asal Indonesia yang bermukim di San Francisco Bay Area. Telah menerbitkan lebih dari 60 buku cetak dan elektronik di Indonesia, Amerika Serikat, dan mancanegara. Pernah meraih finalis EPPIE Award (USA) for excellence in electronic publishing. Ia juga dikenal sebagai penulis buku-buku laris Mindset Sukses: Jalur Cepat Menuju Kebebasan Finansial (LPFEUI) dan Rahasia Sukses Terbesar (Bornrich Publishing). Baca motivasi-motivasinya di JennieForIndonesia.com.

Saya rasa buku ini sangat berguna bagi para wanita Indonesia yang mempunyai kekasih pria asing, wanita yang akan menikah dengan pria Barat atau para remaja yang suka menggambarkan hal – hal yang berlebihan tentang orang Barat. Buku ini sangat penting dibaca karena Perkawinan dengan orang asing suatu hal yang sangat pelik dan untuk menghindari prasangka yang salah maka sebelum menikah hendaknya buku ini dibaca. Selain itu untuk menghindai percecokan atau ketidak kuatan mental bagi orang2 Indonesia yang ingin menikah dengan bule karena menikah dengan orang asing akan merubah diri kita sendiri dan harus beradaptasi dengan budaya orang asing dan negara orang asing yang akan kita nikahi. Budaya yang sangat berbeda dengan budaya Indonesia dan negara Indonesia,saya yang mempunyai pengalaman selama 19 tahun menikah dengan pria Italy tidaklah mudah melewati kurun waktu panjang itu, untuk itu sangat saya anjurkan untuk membaca buku ini.
~Asmarani Marchetti, ibu rumah tangga pelaku perkawinan campur, di Italy

Globalisasi makin membuka peluang wanita Indonesia bertemu jodoh beda bangsa. Sepupu saya bertemu jodoh dengan orang Finlandia lewat chatting-room, cuma bertemu sekali langsung diboyong kesana. Kalau buku ini sudah terbit kemarin-kemarin, pasti sangat berguna baginya. Yang pasti, masih banyak lagi wanita Indonesia yang bisa memetik hikmah pengalaman penulis yang dikemas dengan praktis ini.
~DewiDewo, Editor -at -Large Femina Group

6 komentar:

Unknown mengatakan...

mbak tati, saya kerap membaca tulisan-tulisan menarik anda di milis penulis lepas. apakah peluncuran buku anda di blitz terbuka untuk umum? saya tertarik datang. selamat atas terbitnya "love and shock"!

salam,
anton
anton.kurnia@gmail.com

Hartati Nurwijaya mengatakan...

Terima kasih Dik Anton,

Undangan ini Gratis dan banyak hadiah door prizenya juga dari sponsor.

Anonim mengatakan...

congrats ya mbak, atas launching bukunya.
Sukses selalu!
Keep writing...

gita (mamanya ramya)
http://gitass.multiply.com/

Hartati Nurwijaya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Congrat & semoga sukses ya jenk peluncuran bukunya..
"hidup perkawinan antar bangsa!!!" hidup lebih memberi warna dalam segala aspek.

Susy Barrat, South West Of France

Unknown mengatakan...

Mbak Tati,

ikut mendukung suksesnya bukunya. Saya juga mixed-marriage dan pernah bertemu sama mbak Amaliya Lerrigo dan temen-temen Srikandi lainnya saat kami kembali tanah air, salah satunya silaturahmi dengan keluarga Srikandi. Saat itu ada Mbak Amal, mbak Nur, mbak Niar Sincock, mbak Tuti, Oppy, dan sekretaris Srikandi lupa namanya. Seneng banget deh!!

Salam,
arfi binsted
New Zealand